Perbedaan ikan koi lokal dan ikan koi import
Ikan Hias

Perbedaan Ikan Koi lokal dan Koi Import

Perbedaan ikan koi lokal dan koi import sangat sulit dibedakan hanya dengan kasat mata. Pasalnya banyak koi lokal yang juga ternyata memiliki kualitas yang tidak kalah dengan koi import.

Namun bukan berarti kualitas koi import dan koi lokal sama saja. Karna selalu ada perbedaan baik itu harga, kualitas dan warna dari ikan koi lokal dan koi import yang bisa kamu perhatikan. Tapi tidak menutup kemungkinan ikan koi lokal bahkan bisa menyaingi kualitas koi import.

sejatinya koi terbaik adalah yang paling anda sukai, jangan terlalumemikirkan kualitas dan grade nya. hanya pilih yang kamu sukai.

mengetahui perbedaan ikan koi lokal dan ikan koi import ini sangat penting. Terutama untuk para pecinta ikan yang sedang mencari dan mengoleksi ikan koi dengan kualitas baik.

jika anda tidak mengetahui ciri-ciri ikan koi lokal dan import bisa-bisa ditipu oleh penjual ikan. Nah apasajakah perbedaan ikan koi lokal dan koi import? yuk simak artikelnya dibawah ini.

sebelum kamu membahas perbedaan ikan koi lokal dan koi import, sebelumnya kamu juga harus memahami perbedaan antara ikan mas dan ikan koi yang sering salah dipahami oleh orang-orang.

Koi Import dan koi lokal

Ikan Koi Import

ikan koi import
 Bagi para pecinta ikan koi, Tentunya akan sangat paham tentang pentingnya menjaga keaslian keturunan ikan. Umumnya mereka akan mengupayakan kualitas ki yang baik dari keterunan genetik koi yang berkualitas misalnya koi import.

hal ini dikarenakan para penghobi sangat senang memelihara ikan koi dari masih kecil. Mengapa demikian? koi yang dipelihara daat masih kecil cenderung mudah dalam perawatan daripada ikan koi yang sudah dewasa.

Koi import sendri tidak memiliki banyak perbedaan dengan ikan koi lokal. mulai dari genus dan struktur tubuh biasanya tidak memiliki perbedaan yang berarti dan sulitsekali dibedakan.

namun secara asal. koi import sesuai dengan mananya merupakan koi yang didatangkan dari luar negri, Umumnya berasal dari jepang sebagai daerah yang sangat unggul dalah hal pengembangan ikan koi.

Selain itu, koi import umumnya memiliki sertifikat atau surat-surat yang menunjukan identitas koi itu sendiri. Mungkin semacam akte lahir untuk manusia. Tentunya para penghobi ikan koi bukan tidak memiliki alasan untuk mengimport ikan koi. Biasanya alasannya adalah karena ikan koi import lebih unggul dari segi warna, kualitas marka dan bentuk tubuh yang lebih ideal. Selain itu koi import juga biasanya memiliki potensial untuk menjadi koi yang memiliki ukuran badan jumbo hingga diatas 70cm.

Ikan Koi Lokal

Jenis koi lokal unggulan
Membahas koi import dengan segala keunggulannya bukan berarti menempatkan ikan koi lokal pada posisi yang lebih rendah. Faktanya, ikan koi lokal banyak menjuarai kontes koi yang juga berhasil mengalahkan ikan koi import.

Ikan koi lokal hanyalah penyebutan untuk jenis ikan koi yang ditangkarkan dan dibudidayakan di Indonesia, sehingga disebut dengan ikan Koi lokal. Biasanya ikan koi lokal ini banyak didatangkan dari kediri dan sukabumi sebagai pusat budidaya ikan koi di Indonesia.

Ikan koi lokal tentu saja memiliki banyak  keunggulan, karena tidak menutup kemugkinan jika indukan koi lokal juga bisa jadi hasil silangan dari koi import yang memiliki kualitas baik.

inti dari apa yang ingin saya tekankan adalah jangan membedakan atau mendiskreditkan koi lokal dengan koi import. Karna koi import justru memiliki banyak keunggulan tersendiri salahsatunya karna ikan ini lahir dan berkembang di indonesia, Ikan koi Lokal cenderung lebih tangguh karena sudah beradaptasi dengan air dan iklim di indonesia.

Untuk menjaga ikan koi tetap sehat dengan perubahan iklim dan penyakit, salahsatunya adalah dengan bantuan garam yang saya ulas pada artikelmanfaat garam untuk ikan koi. jika kamu belum membacanya saya sarankan untuk membaca artikel itu sekarang.

Cara Membedakan Ikan Koi Lokal dan Koi Import

Perbedaan ikan koi lokal dan import

Secara umum tidak ada perbedaan yang terlalu mencolaok dari ikan koi lokal dan koi import. “semuanya bagus”. Perbedaannya adalah tempat kelahirannya dan mungkin kamu juga bisa membedakannya dari beberapa ciri dibawah ini:

1. Harga Ikan Koi Import Lebih Mahal daripada koi lokal

Fakta mahalnya harga ikan koi import ini bukan lagi rahasia di kalangan penghobi koi. Ikan koi import dikenal memiliki harga yang jauh berbeda dari koi lokal. Nah pertanyaannya adalah, kenapa harga ikan koi import sangat mahal?

Tentu saja banyak faktor yang menyebabkan mahalnya harga ikan koi import. Pertama adalah dari segi kualitas. (warna, bentuk, Marka dll) ikan koi import sangat terkena dengan kualitasnya yang sangat baik. Mungkin karena perawatan dan makananya juga berbeda otomatis cost pemeliharaannya juga lebih mahal sewaktu di jepang. Kedua adalah karena biaya pajak, pengiriman dan karantina koi juga tidak murah. Itulah alasan ikan koi import menjadi sangat mahal.

Namun ikan koi lokal tidak membutuhkan banyak biaya pengiriman dan pajak yang dikenakan pada ikan import. Olehkarena itu ikan koi lokal umumnya memiliki harga yang lebih murah.

2. Bola mata Ikan koi Import Biasanya lebih besar

ikan koi import
mata ikan koi import

Perbedaan lain yang bisa kamu amati adalah ukuran bola mata ikan import dan koi lokal. Biasanya ikan koi import memiliki bola mata berbentuk lebih besar dan menonjol daripada ikan koi lokal.

3. Perbedaan Kualitas Warna ikan lokal dan import

Biasanya ikan koi akan memunculkan warna yang semakin menarik ketika ukurannya mulai besar. Sedangkan ikan kecil warna yang muncul masih sulit untuk diperediksi.

Tapi pada koi import warna yang muncul sudah cukup dominan dan kuat pada saat ikan itu bahkan masih remaja. Terdapat gradasi dan kontras yang cukup kuat sehingga warna ikan koi import dianggap lebih mencolok dan menarik.

namun tidak menutup kemungkinan juga terdapat banyak breeder koi lokal yang cukup bagus dan menghasilkan ikan koi dengan warna yang tidak kalah dari koi import.

4. Perbedaan bentuk tubuh koi lokal dan koi import

Ikan koi lokal memiliki bentuk tubuh yang cenderung membulat, biasanya bentuk tubuhnya menggembung dibagian perut dengan ekor yang berukuran pendek.

Namun sebaliknya dengan ikan koi import yang memiliki tubuh lebih panjang dan proposional dengan ekor yang lebih panjang sehingga lebih terlihat lincah dan gesit.

5. Koi Import lebih jinak

Ikan koi lokal dan import memiliki perbedaan dari karakter ikan tersebut, Biasanya ikan koi lokal akan lebih sulit untuk ditangkap daripada ikan koi import.

Ikan koi import umumnya memiliki karakter tenang dan mudah ditangkap. meskipun jika sering di ajak berinteraksi, tidak menutup kemungkinan ikan koi lokal juga bisa bersifat jinak seperti ikan koi import.

Itulajh perbedaan mengenai jenis ikan koi lokal dengan koi import yang bisa kamu kenali dengan hanya melihat ciri fisik dan karakternya.. Ulasan ini bukan berarti mendeskriditkan ikan koi lokal. karena justru mayoritas ikan koi yang saya pelihara adalah jenis ikan koi lokal.

seperti yang saya bilang di awal. Memelihara ikan koi tidak perlu dengan yang mahal atau yang import. koi terbaik adalah koi yang paling kamu sukai, apapun jenisnya.

Referensi:

https://jualikankoi.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *