scatfish spoted
Info Lain

Ikan kiper | Scat Fish: jenis dan cara pemeliharaanya

Ikan scat fish memiliki banyak jenis, salahsatunya adalah yang dipelihara oleh irfan hakim dalam mega tank dengan jenis silver scatfish.

namun selain jenis silver scat fish, ikan kipper atau ikan ketang ini juga memiliki banyak jenis lainnya loh, jenis apasajakah itu? tahan dulu dong nanti kita bahas dibawah.

Selain jenisnya yang beragam, ikan ini banyak diminati penghobi ikan atau bahkan pecinta mancing. Karena ikan ini biasanya bisa hidup di air dengan kandungan salinity yang beragam ( kandungan garam)..

ikan scatfish biasanya ditemukan hidup alami di pesisir pantai, hutan bakau, perairan payau hingga sering di temukan di sungai air tawar dekat laut.

bagi kamu yang berminat untuk memelihara ikan scatfish ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Semua bahasan tentang memelihara ikan ketang tersebut akan saya tulis dalam artikel ini, selamat membaca!

Scat fish

apa sih yang kamu ketahui tentang ikan scatfish? ikan scatfish ini merupakan ikan konsumsi yang bisa juga dijadikan ikan hias loh, diluar negri ikan ini banyak dijual sebagai ikan hias baik itu untuk aquarium air laut maupun aquarium air tawar.

Scatfish memiliki nama ilmiah Scatophagus argus secara umum ikan ini masih tergabung dalam jenis ikan Scatophagidae. Nah si ikan scat ini memiliki nama lokal sebagai ikan ketang atau ikan kiper, padahal ikan ini nggak bisa main bola loh..

ikan scatfish biasanya berenang secara bergerombol sehingga ikan ini mudah tertangkap dalam jumlah yang banyak jika di tangkap dengan jaring. Kebiasaan berenang bergerombol ini juga membuat ikan scatfish ini terlihat menarik ketika berenang di aquarium.

ikan scatfish dewasa bisa tumbuh hingga ukuran panjang 10 sampai 20cm. Warnanya yang terang dan bentuknya yang unik membuat ikan ini lebih banyak digemari sebagai ikan hias daripada konsumsi..

namun banyak orang yang masih memanncing ikan ketang ini untuk di konsumsi. Umpan ikan kiper atau ketang yang sering digunakan adalah udang kupas atau pakan racikan dengan tepung dan mentega. Kamu juga bisa menggunakan gorengan seperti mendoan untuk umpan ikan kiper ini.

setelah ngomong ngalor ngidup tentang ikan scatfish, sekarang kita bahas dulu deh tentang jenis-jenis ikan scatfish.

Jenis jenis Ikan Scat Fish

ada banyak jenis ikan scat fish atau ikan kiper. namun jenis ikan ketang yang cukup populer hanya terdiri dari 3 sampai 5 jenis saja. Nah jenis apasajakah itu? simak dibawah ini!

1. Silver Scat Fish

silver scat fish
ikan silver scat

Silver scat fish memiliki nama ilmiah Selenotoca multifasciata. Jenis ikan scatfish ini juga sering disebut dengan Red Silver scatfish. Jika kamu pernah melihat megatank irfan hakim setelah dirubah menjadi aquascape. Maka salahsatu ika yang dipelihara selain ikan neon adalah ikan ini.

Silver scatfish merupakan jenis scatfish atau ikan kiper paling kecil dari semua golongannya. ikan ini hanya memiliki ukuran maksimal hingga 25cm ketika dewasa.

sedangkan ikan scatfish jenis lain bisa mencapai ukuran lebih dari 28cmm. Silver scatfish banyak diminati sebagai ikanhias karena bentuknya yang menarik dan bisa berenang dengan bergerombol. Membuat ikan ini enak untu dipelihara.

dilver scatfish memiliki ciri fisik berwarna perak atau silver dengan garis kecoklatan di tubuhnya. Harga ikan scatfish ini antara 10 sampai 30 ribu rupiah.

2. Green Spotted Scat fish

green spoted scat fish
green spoted scat fish

green spoted scatfish merupakan ikan yang banyak hidup di perairan indonesia. biasanya green spotted scatfish atau ikan ketang sebagain orang juga menyebutnya ikan baronang ketika memancingnya di tepi laut atau rawa.

ikan kiper ini juga sering ditemukan di perairan payau hingga tawar, Ini karena ikan scatfish mempunya daya adaptasi salinitas yang cukup baik.

sehingga selain dijadikan sebagai ikan konsumsi, ikan scatfish juga banyak dijadikan sebagai ikan hias air laut. baca referensi lebih banyak tentang ikan hias air laut disin.

3. Red Spotted scat fish

red spoted scat fish
red spoted scat fish

red spotted scatfish tidak memiliki banyak perbedaan dengan green spoted scatfish, bedanya hanya pada warna dasar yang agak kemerahan. Namun memiliki bintik yang sama dengan green spotted scatfish..

red spotted scat fish atau ikan kiper merah juga banyak ditemui di perairan indones, menjadi objek pancing para fisher di indonesia.

red spotted atau jenis scatfish lain dikabarkan memiliki duri yang cukup beracun di sirip atasnya, namun itu tidak menjadi halangan bagi para pecinta kuliner ikan ketang ini.

4. Ikan Ketang belang

ikan ketang belang

ikan ketang beralng adalah jenis scatfish yang lebih sulit beradaptasi di air tawar daripada scatfish lainnya. Ikan ini memiliki nama ilmiah Scatophagus tetracanthus.

badannya bisa dicirikan dengan mudah hanya dengan melihat corak tubuh ikan ini. Warnanya kuning gelap dengan garis hitam menyerupai datz borneo.

sepintas ikan ini juga terlihat seperti ikan sumatra atau jenis ikan hias air tawar lainya. Namun berukuran lebih besar dan bentuk yang pipih.

5. Ikan angel Kiper

angel kiper fish
angel scat fish

Kiperr angel fish merupakan jenis ikan hias air laut yang banyak dicari. Ikan ini masih dalam satu keluarga dengan ikan scat fish lainnya.

warnanya yang cerah dan cantik membuat ikan ini memiliki nasib yang lebih baik daripada jenis spotted atau silver scatfish yang lebih banyak berakhir dipiring daripada akuarium..

nah angel fish kiper tentu saja berbeda dengan angelfish air tawar. Jika kamu belum membaca angel fish saya sarankan untuk membacanya sekarang.

nasib angel scat fish lebih beruntung daripada ikan kiper lainnnya. karena ikan ini memiliki harga yang cukup mahal berkisar antara 100 sampai 200 ribu.

Cara perawatan scat fish

Jika kamu tertarik memelihara ikan scat fish atau silver scat fish maupun jenis ikan kiper lain. Kamu bisa mengikuti beberapa panduan untuk memelihara ikan scat fish di aquascape atau akuarium baik itu air tawar maupun air laut.

beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memelihata ikan ini adalah sebagai berikut:

  1. pastikan jika air anda selalu bersih: meskipun ikan scat ini dikenal dengan ikan muara yang kebanyakan berair buruk namun berbeda ceritanya jika dipelihara di aquarium. Ikan scat yang dipelihara di aquarium menjadi lebih rentan mati daripada di alam bebas.
  2. Suhu air: Scat fish merupakan ikan yang berasal dari daerah tropis dengan habitat perairan dangkal atau hutan bakau. Itu menyebabkan ikan ini lebih suka dengan suhu air yang cenderung hangat.
  3. kadar pH: keasaman yang baik untuk ikan scatfish harus cenderung tinggi. ini menyesuaikan ph air laut yang umumnya berada di angka 7 sampai 8.
  4. Bersihkanlah akuarium secara rutin. Jika kamu memelihara ikan ini, Seringlah membersihkan aquarium secara rutin sehingga ikan scatfish bisa hidup dengan lebih nayaman.
  5. kadar salinitas: Ikan kipper adalah ikan air laut yang sering dipelihara si aquarium air tawar. Namun untuk kesehatan ikan, jika kalian memeliharanya sebagai hewan tunggal dalam aquarium. Ada baiknya membuat ikan ini mendapatkan kadar garam lebih tinggi daripada ikan air tawar kebanyakan dengan menambah campuran garam ikan dalam aquarium.

Scatfish di air tawar

secara alami scat fish hidup di air asin, namun kamu juga bisa memelihara ikan kiper atau ikan ketang ini di air tawar dengan beberapa syarat misalnya sebagai berikut:

  1. ikan scatfish telah diadaptasi dengan kondisi salinitas rendah seperti pada air tawar. Untuk mempelajari bagaimana membuat ikan air laut bisa berdaptasi pada air tawar kamu bisa membaca artikel ikan nemo air tawar disini.
  2. Membeli ikan scatfish yang sudah dipelihara di air tawar sejak kecil. Cara yang lebih mudah untuk memelihara ikan kiper di air tawar adalah dengan cara membeli ikan scath yang  sudah hidup di air tawar sebelumnya.
  3. makanan ikan scatfish air tawar: makanan ikan scatfish bisa beraneka ragam mulai dari pelet hingga cacing beku atau cacing dara dan sutra.

scat fish untuk aquascape

scatfish sangat bagus jika dipelihara di aquascap. karena ikan ini akan terlihat sangat menarik ketika berenang bergerombol dalam aquarium.

selain indah ikan ini juga bisa menjadi pembasmi alga alami loh. nah jika kalian penasaran dengan cara membasmi alga di aquascape ikanair.com punya rekomendasi artikel menarik tentang cara membasmi alga di aquarium.


√ Itulah beberapa jenis scat fish dan cara memelihara ikan scatfish di akuarium. Ikan yang sering disebut sebagai ikan ketang, baronang atau kiper ini merupaka ikan hias air laut yang banyak juga dipelihara dalam air tawar karena kadar toleransi garamnya yang cukup baik..

kamu juga bisa memancing ikan scatfish di muara dekat rumah kamu dengan menggunakan umpan yang saya rekomendasikan diatas. Selain memancing kamu juga bisa membeli ikan ini ditoko ikan kesayangan kalian.

baca lebih banyak artikel ikan di ikanair.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *