ikan canna toman
ikan predator

Ikan Gabus Toman (Channa micropeltes)

Ikan Gabus Toman merupakan salahsatu ikan predator asli perairaan indonesia khusunya daerah sumatra dan sekitarnya.

Ikan yang masih termasuk dalam kluarga ikan canna ini merupakan ikan yang banyak di buru untuk dikonsumsi maupun dibudidayakan sebagai ikan hias. 

Ikan toman (Channa micropeltes) sendiri memiliki banyak nama julukan lain, seperti snakehead, mabar snakehead dan redline snake head fish karena garis merah yang membujur di tubuhnya sewaktu remaja.

Ikan toman dewasa memiliki warna yang gelap, hitam dengan corak berwarna hijau hingga biru. Bentuk dan warnanya yang unik membuat ikan ini banyak digemari para pecinta ikan predator.

Selain karena warnanya, ikan toman juga banyak diminati karena merupakan jenis terbesar dari semua jenis canna diseluruh dunia.

ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran lebih dari 1 meter. Tentu saja dengan ukuran tersebut dan bentuk yang menyeramkan tidak salah jika banyak yang menjuluki ikan ini predator monster.

Ikan toman adalah pemburu yang handal seperti banyak ikan gabus pada umumnya. Toman bisa memburu mangsanya yang berenang didalam air, di permukaan atau bahkan burung yang bertengger diatas ranting di atas sungai.

lebih jelas mengenai ikan toman akan kita ulas dibawah ini.

Ikan toman

monster toman raksasa

ikan toman memiliki ciri berbentuk seperti ikan gabus pada umumnya. Ikan ini memiliki kepala membulat dengan badan yang memanjang kebelakang sehingga terlihat seperti kepala ular. Olehkarena fakta inilah ikan ini juga disebut sebgai snakehead fish. 

Mulut ikan ini berukuran sangat lebar, bahkan bisa mengitari setengah bagian kepalanya. 

sebagian orang menganggap bentuk ikan gabus toman seperti torpedo karena bentuk tubuhnya yang bulat dengan ekor yang membulat dan sirip yang memanjang. 

namun ada perbedaan antara ciri ikan toman asli yang masih muda dan yang sudah dewasa. apasajakah perbedaan ciri ikan toman tersebut. yuk simak dibawah ini.

Ciri ikan toman asli anakan

ikan toman anakan memiliki ciri kurang lebih sebagai berikut:

  1. memiliki bentuk tubuh yang sama dengan gabus pada umumnya
  2. mata berwarna kemearahan
  3. warna sisik cenderung kusam dan tidak terlalu gelap
  4. terdapat garis merah memanjang dari ujung ekor hingga pangkal kepala.
  5. terdapat garis hitam didekat garis merah dengan volume yang lebih tipis.

"bentuk

Ciri ikan toman dewasa

berbeda dengan ikan toman anakan, ikan toman yang telah dewasa akan terlihat sangat berbeda dengan ikan toman anakan. Berikut ini beberapa ciri ikan toman yang sudah tumbuh dewasa:

  1. memiliki warna tubuh yang lebih terang dan pekat
  2. warna ikan toman dewasa lebih gelap
  3. terdapat belang warna pda tubuh bagian atasnya
  4. garis merah pada tubuh toman akan hilang
  5. Ikan toman dewasa terlihat lebih ganas dan menyeramkan
ikan toman raksasa
ikan Toman dewasa

Habitat Alami ikan toman

Ikan toman biasany hidup pada sungai dan rawa yang beraliran tenang di daerah kalimantan dan sumatra. Namun ikan ini juga tersebar di beberapa negara asean lain seperti thailand dan malaisya.

Ikan toman juga merupakan jenis ikan predator yang akan bersembunyi dalam air dan menyergap mangasanya yang melintas.

kamu bisa menemui ikan ini dengan mudah di perairan air tawar daerah kalimantan dan sumatra. namun populasi ikan toman dari tahun ketahun terus mengalami penurunan karena terus diburu.

Hal ini tercatat dalam sebuat jurnal yang menunjukan kenaikan angka perburuan ikan toman dari tahun 2015 sampai 2017. sampai dengan 200% Unair.ac.id.


Umpan ikan toman

"Umpan

Jika kamu memiliki hobi memancing, Mungkin Ikan toman bisa menjadi salahsatu target pancing kamu selanjutnya. Ikan ini terkenal sangat menantang untuk di pancing karena tarikannya yang sangat kuat.

Ikan ini juga sangat ganas ketika menyambar umpan. Nah umpan mancing untuk ikan toman sendiri bisa menggunakan berbagai macam umpan. Misalnya ikan, Udang, cacing atau bahkan dengan umpan palsu.

namun biasanya umpan yang paling efektif dan membuat ikan toman tidak bisa menolak adalah dengan menggunakan Kodok.

secara intuitif ikan toman akan mengejar umpan yang bergerak di permukaan, jadi kamu juga bisa menggunakan umpan kodok buatan agar lebih efektif.

Baca juga :  Jenis-jenis ikan sapu-sapu hias aquascape


Makanan ikan toman

makanan ikan toman
mancing ikan toman: youtube

seperti yang saya jelaskan sebelumnya, ikan toman atau ikan gabus hias ini merupakan hewan karnivora dan termasuk dalam ikan predator.

Ikan toman bisa memakan katak, Ikan, udang kecil /udang hias dan bahkan burung yang bertengger diatas ranting di sungai.

Dalam beberapa kasus ikan toman bisa juga menyerang manusia, namun ikan ini tidak akan memakan manusia, karna ukuran terbesar dari ikan ini hanya berkisar 1 meter atau lebih.

Jika kamu ingin memelihara ikan toman. kamu bisa memberikannya makanan kodok dan ikan lele atau jenis ikan kecil lainnya seperti ikan guppy atau ikan sejenis yang berukuran lebih kecil daripada ikan gabus toman tersebut.


Tips memelihara ikan toman

"memelihara

Jika kamu tertarik memelihara ikan toman baik itu sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi. Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui supaya ikan bisa hidup dengan nyaman.

  1. Bak pemeliharaan ikan toman: Ikan toman merupakan ikan yang bisa tumbuh dengan ukuran cukup besar olehkarena itu gunakan bak pemeliharaan yang berukuran cukup besar. atau kamu juga bisa menggunakan aquarium dengan kaca yang cukup tebal.
  2. pemberian pakan ikan toman: Ikan toman gemar sekali memakan ikan dan kodok. kamu harus rutin memberi ikan toman karena ikan toman juga termasuk kedalam ikan yang rakus.
  3. jangan menyentuh ikan toman: ikan toman adalah predator air dan memiliki gigi yang tajam. sebisa mungkin untuk mengurangi kontak dengan ikan toman yang lapar atau belum jinak karena bisa cukup berbahaya.
  4. jaga kualitas air: Ikan toman sejatinya merupakan ikan yang tangguh dan tidak rewel dengan kondisi air. ikan ini bisa hidup dengan air yang jernih maupun buruk. namun untuk pemeliharaan optimal ada baiknya kamu mengganti air secara rutin agar ikan tetap sehat dan nyaman.

Bolehkah memakan ikan Toman?

Jawabannya adalah Boleh. ikan toman sendiri merupakan ikan yang biasa di konsumsi oleh masyarakat asia. dagingnya sama dengan ikan gabus pada umumnya dengan ukuran yang lebih tebal

namun konon katanya daging ikan gabus toman ini sedikit tawar daripada jenis ikan gabus lainnya.

Ikan toman memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan. ikan ini juga banyak di konsumsi sebagai ikan yang mengandung kasiat untuk lelaki..

sebagai ikan konsumsi, toman sering dijadikan sebagai sup, digoreng hingga di asin untuk emmbuat ikan ini lebih awet.

Harga ikan toman

ikan toman gabus
ikan toman dalam akuarium

Harga ikan toman cukup beragam. Mulai dari yang kecil hingga dewasa memiliki fariasi harganya sendiri-sendir. Namun tentu saja ikan toman di toko ikan hias akan memiliki harga lebih tinggi daripada ikan toman di pasar ikan konsumsi.

harga ikan toman anakan sebagai ikan hias biasanya dibandrol dengan harga 10 sampai dengan 100.000. Sedangkan harga pada ikan toman dewasa biasanya berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp1jt tergantung dari ukuran dan warna ikan toman itu sendiri.


√ nah itulah beberapa ulasan singkat mengenai ikan predator asli indonesia, yaitu ikan toman. Semoga artikel ini bisa bermanfaaat dan menambah wawasan pecinta ikan semuanya. salam ikanair.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *