garam ikan koi
Ikan Hias

Manfaat Garam Untuk Ikan Koi dan Takarannya

Apa fungsi garam untuk ikan koi?. Semua penggemar ikan koi pastinya sudah paham betul apa manfaat garam untuk ikan koi. Bagaimana penggunaannya dan takaran yang tepat.

namun ternyata masih banyak juga penghobi koi yang masih belum mengerti tentang fungsi, manfaat dan takaran garam untuk ikan koi. Olehsebab itu saya aka menuliskan pedoman penggunaan garam untuk ikan koi dalam artikel ini.

Garam sendiri banyak digunakan untuk pemeliharaan dan budidaya ikan koi, salahsatunya adalah untuk karantina ikan koi, Mengurangis tress dan kegunaan lainnya. Sayangnya banyak orang tidak memahami takaran pengguaan garam dan cara pengaplikasiannya sehingga bukannya bermanfaat justru malah membahayakan ikan koi tersebut.

Selain ikan koi, banyak ikan hias air tawar lainnya yang menggunakan garam sebagai bahan pelengkap pemelihataan ikan. Olehkarena itu sudah tidak asing bagi para pecinta ikan hias untuk memasukan garam ikan kedalam kolam pemeliharaan.

Garam untuk ikan koi

garam krosok sama dengan garam ikan

sebelum membahas lebih jauh mengenai garam ikan koi, ada beberapa poin atau istilah penting yang harus kamu pahami berkaitan dengan garam untuk ikan koi.

beberapa istilah itu diantaranya adalah :

  1. salinitas: salinitas adalah kandungan garam dalam air. istilah ini biasanya digunakan untuk penyebutan kandungan kadar garam dalam air.
  2. PPT: Part /1000 merupakan satuan untuk penyebutan kadar garam dalam air. Rumus utamanya adalah (1:1000) yang artinya 1PPT samadengan  1000liter air dengan  1kg garam. 
  3. salinometer / salinity tester: adalah alat untuk mengukur kandungan garam dalam air. biasanya alat ini banyak dijual di marketplace.
  4. Osmoregulasi : Osmoregulasi adalah perbedaan kandungan garam dalam ikan dan didalam garam sehingga akan mempengaruhi cara kerja organ tubuh ikan itu sendiri. singkatnya Osmoregulasi dapat diartikan sebagai masuk dan keluarnya cairan pada tubuh ikan koi yang dipengaruhi oleh garam. secara lebih spesifik tentang osmoregulasi, bisa kamu baca di laman wikipedia osmoregulasi.

Dalam dunia ikan koi memahami osmoregulasi sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada salinitas ikan koi itu sendiri.

ada beberapa kondisi salinitas yang dipengaruhi oleh osmoregulasi dalam ikan koi diantaranya adalah sebagai berikut:

Salinitas Pada ikan Koi

osmoregulasi pada ikan koi
contoh proses salinitas pada ikan

secara alami ikan koi memiliki kadar salinitas 9PPT, sedangkan salinitas pada air tawar sendiri umunya mendekati 0. Hal ini membuat pristiwa osmoregulasi secara alami karena terdapat perbedaan salinitas antara ikan koi dan air tawar. Karena secara alim, air akan mengalir pada daerah yang emiliki saliniti yang lebih tinggi. 

Hypotonic pada ikan koi

Kadar garam pada koi yang lebih tinggi membuat ikan koi terus menerus menyerap air setiap detik,menit dan jam atau hari dalam hidupnya. kondisi ini memberikan beban pada tubuh koi untuk terus menyerap dan mengeluarkan air untuk menjaga kebutuhan air dan kadar garam dalam tubuhnya seimbang.

Peristiwa ini disebut sebagai Hypotonic (Kondisi dimana salinity koi lebih besar daripada salinity pada air).

Isotonic Pada ikan koi

setelah memahami apa itu hypotonik, selanjutnya bagaimana ceritanya jika kita meningkatkan kadare salinitas pada air. Misalnya kita tambah menjadi 3PPT. rekayasa ini akan membuat perbedaan kadar ppt dalam koi dan air akan semakin mengecil. Sehingga beban kerja tubuh ikan koi untuk menyerap dan mengeluarkan air semakin berkurang. dalam kondisi ini biasanya koi bisa menjadi lebih nyaman dan sering juga dilakukan dalam bak karantina.

Tapi bagaimana jika kasusnya kita akan menaikan kadar salinitas pada kolam sebanyak kadar salinitas pada ikan koi. moment ketika kadar PPT ikan Koi Sama dengan Kadfar PPT kolam disebut sebagai Isotonic. peristiwa ini membuat ikan koi tidak melakuka proses osmoregulasi untuk memasukan dan mengeluarkan air.

Sayangnya pristiwa ini bukannya baik untuk ikan koi, justru bisa membahakayakan bagi si ikan, biasanya ikan koi akan menjadi stress. dehidrasi dan bahkan mengalami kematian.

Hypertonic pada ikan koi

Lalu jika salinity air terus dinaikan sehingga lebih tinggi dari salinitas dalam tubuh ikan koi disebut sebagai hypertonic. Pristiwa ini sangat berbahaya bagi ikan koi karena ikan koi terus mengeluarkan cairan dalam tubuhnya namun tidak bisa memasukan air dengan salinitas lebih tinggi dalam tubuh ikan. Sehingga ikan koi pasti akan mengalami dehidrasi..

resiko yang cukup berbahaya untuk ikan koi ketika menaikan kadar garam adalam air ini tidak sederhana. olehkarena itu sangat disarankan untuk menggunakan salinity meter ketika anda ingin menaikan kadar salinity dalam kolam ikan koi.

salinitas pada ikan koi
pengaruh salinitas pada sel darah

Fakta garam pada ikan koi tersebut tentu saja sangat berbeda dengan kondisi fisik ikan hias air laut yang memiliki kemampuan untuk terus mengeluarkan dan memasukan garam meski dalam air yang bersalinitas tinggi.

Manfaat Garam Untuk Ikan Koi

garam untuk kolam ikan
garam ikan koi

Jika kamu bisa menggunakan garam ikan dengan takaran yang benar. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dari mencampurkan garam dalam ikan koi. Berikut ini beberapa manfaat garam untuk ikan koi.

poin penting penggunaan garam pada ikan koi adalah takaran atau dosis garam untuk ikan tersebut. jika berlebihan akan mengakibatkan ikan mengalami isotonik atau bahkan hypertonik.

jadi usahakan untuk menggunakan salinity meter  atau alat pengukur kadar garam dalam air. Kamu bisa menghitungnya dengan cara menimbang, namun ini tidak efektif dan rawan kesalahan.  padahal garam bisa sangat bermanfaat dan memiliki banyak khasiat diantaranya adalah.

1. Menurunkan Tingkat Stress Ikan Koi

garam ikan sering digunakan untuk menurunkan stress pada ikan koi. Terutama untuk ikan koi yang baru sampai dari pengiriman yang jauh. Umumnya para penghobi akan memasukan koi kedalam bak karantina dengan mencampurkan sejumlah garam pada air.

Garam yang digunakan untuk menurunkan tingkat stress pada ikan koi biasanya berkisar antara 3 sampai 5 PPT.

2. Antiseptik untuk ikan Koi

manfaat garam untuk ikan koi yang lain adalah untuk dijadikan sebagai anti septik. Setelah membahas mengenai osmoregulasi pada ikan air tawar tentunya kamu paham sistem ini juga bekerja pada semua mahluk air lainnya.

Osmoregulasi pada hewan kecil di air tawar umumnya lebih rendah daripada ikan koi, sehingga jika kadar salinitas air dinaikan, maka garam bisa membunuh berbagaimacam mikro organisme yang merugikan untuk ikan koi. Tentunya dengan takaran yang masih dalam batas toleransi salinitas ikan koi.

3. Membantu koi yang mengalami drop

Ikan koi yang mengalami drop atau sakit bisa disebabkan oleh banyak situasi. salahsatunya adalah stress dan masalah lainnya sehingga imunitas koi menurun.

Kamu bisa mengobati ikan koi sendiri dengan memanfaatkan garam air. Yup garam air terkenal bisa mengobati banyak penyakit pada ikan koi.

gunakan garam ini seukupnya terutama untuk menurunkan tingkat stress pada ikan koi sehingga imunitas ikan koi bisa terbentuk dengan cukup baik.

saat mengobati ikan koi dengan garam, Kamu harus memisahkan ikan tersebut dari ikan yang lain di bak karantina.

4. Mengurangi Kadar nitrit dalam Air

Nitrit adalah kandungan zat dalam air yang bisa menjadi racun untuk ikan koi. Olehkarena itu penting untuk membuat kandungan nitrit pada ikan koi berkurang dan aman untuk ikan koi.

salahsatu cara menetralkan nitrit tersebut adalah dengan menggunakan NaCl yang terdapat dalam garam. Kamu tidak perlu menggunakan banyak garam dalam kasus ini garam yang kamu gunakan hanya 1grap /1liter air sudah cukup.

5. Garam Bermanfaat Jamu pada koi

Garam sangat bermanfaat untuk meningkatkan dya tahan tubuh koi. Biasanya orang menyebutnya sebagai Profilaktif atau tonik. 

Penggunakan garam koi untuk keperluan ini bisa dengan takaran satu sendok untuk setiap 4 liter air.

secara lebih spesifik bisa dengan dosis 1 sampai 2 gram per liter air. dengan rumus PPT diatas. 

Pemanfaatan garam ini bisa kamu lakukan di kolam koi pada saat memberikan ikan baru kedalam kolam. Atau ketika ikan koi terlihat kurang aktif dan bisa juga diberikan ketika terdapat parasit pada ikan koi seperti kutu kura-kura.

6. Garam untuk ikan koi jamuran

penyakit ingsang pada ikan koi

banyak sekali masalah atau penyakit pada ikan koi yang bisa diobati dengan garam. salahsatunya adalah infeksi jamur.

Ketika menggunakan garam untuk mengobati infeksi jamur pada ikan koi. Dosis yang dibutuhkan adalah sekitar 1% atau sekitar 10 gram per 1 liter air. 

takaran tersebut diberikan pada ikan yang sakit dengan cara memisahkan ikan yang terinfeksi jamur pada bak karantina dan memberikan garam secara perlahan. Namun apabila ikan yang terinfeksi cukup banyak, kamu harus memberikan treatment ini pada air kolam. Dengan syarat pemberian garam tidak boleh dilakukan dengan tiba-tiba karena akan membuat ikan syuk dan kaget. Cara terbaik adalah dengan memberikan garam secara perlahan selama 24 jam tanpa henti atau bisa 2 hari secara terus menerus.

7. Membantu Koi melepaskan Lintah

;intah pada ikan koi

Kasus ini banyak terjadi pada ikan koi yang dipelihara di kolam tanah atau kolam outdoor. lintah dan binatang lain kerap kali menempel pada ikan koi.

kita bisa saja melepaskan lintah tersebut dengan menangkap ikan koi tersebut. Namun jika kolam pemeliharaan kita cukup besar, menangkap ikan koi tentu saja bisa sangat merepotkan.

Lalu cara yang paling mudah afdalah dengan cara memberikan kolam koi tersebut garam ikan. dosis yang dibutuhkan untuk ikan koi yang dihisap lintah adalah sekitar 2,5 PPT. sayangnya dosisi ini tidak membunuh lintah. Namun ini sangat efektif untuk membantu koi melepaskan lintah dari tubuhnya.

8. mengobati infeksi Piscinoodinium Valvet pada ikan koi

manfaat garam ikan koi untuk white spot

Piscinoodium valvet sering juga disebut sebgai White spot di indonesia. ikan ini sering menyerang ikan hias dan jenis ikan lainnya.

biasanya ditandai dengan munculnya bintik putih pada ikan, salahsatu ikan yang sering terserang penyakit ini adalah ikan cupang dan ikan guppy.

Namun pada ikan koi white spot bisa diobati dengan mudah dengan cara memanfaatkan garam. Dosisnya garam yang digunakan sekitar 1 sendork teh untuk setiap 4 liter air.

pengobatan ini bisa kamu lakukan dengan memisahkan ikan yang terkena white spot karena bisa menular dan merendamnya dalam cairan dengan salinitas yang dinaikan dengan takaran diatas.

9. Garam Ikan Koi untuk Membasmi Kutu Ikan koi

membasmi kutu kura-kura pada ikan koi dengan garam
kutu kura-kura

Para pemelihara ikan koi pastinya sudah tidak asing dengan kutu ikan koi, Salahsatunya adalah kutu jarum dan kutu kura-kura. Dua jenis kutu ini kerap kali mengganggu dan membuat ikan jatuh sakit atau bahkan mati.

Tapi ternyata kutu ini bisa ditumpas dengan mudah dengan menggunakan garam ikan. Takaran garam ikan untuk membasmi kutu ini adalah sekitar 1 sendok teh dengan 3 liter air atau lebih banyak lagi.

meningkatkan salinitas pada air bisa membuat serangga kecil seperti kutu mengalami hipertonic dan mati. namun dalam batasan tertentu koi masih bisa hidup dan diselamatkan.


Dosisi Garam untuk ikan koi

untuk mengobati ikan dari berbagai penyakit dengan garam, Dosis menjadi sangat penting dan krusial. Karena jika kamu memberikan garam terlalu sedikit pengobatan pada ikan koi akan sia-sia. Namun sebaliknya, jika kamu memberikan garam terlalu banyak pada air kolam koi. ikan bisa menjadi stress atau bahkan mati karena kadar salinitas yang terlalu tinggi dalam air.

patokan takaran pemberian garam pada koi bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pemberian garam tersebut. Jika kamu ingin mengobati koi yang terserang penyakit ingsang, kutu, atau sekedar untuk menurunkan level stress pada ikan koi, kamu bisa menggunakan dosis yang telah saya tuliskan diatas. 

sedangkan untuk pemeliharaan kamu bisa memberi garam dengan takaran 3PPT untuk kolam ikan koi.

pemberian garam hingga 5-6 PPT harus menggunakan alat pengukur salinitas agar tidak membahayakan ikan koi.

Cara yang memberikan garam pada kolam koi yang benar

cara mencampur garam ikan koi di kolam

Memberikan garam pada kolam ikan koi harus dilakukan dengan perlahan. agar ikan tidak mengalami stress atau shock salinitas. 

jika biasanya kamu memberi garam pada ikan koi dengan cara mencampurkan garam dengan air lalu menuangkannya pada kolam. Cara ini harus kamu rubah kartena sangat beresiko untuk koi dan membuat ikan menjadi tidak nyaman.

berikan garam ikan koi secara perlahan untuk meningkatkan salinitas air juga dengan perlahan. Kamu bisa memberikan garam dengan mencampurnya dalam air dan dialirkan  ke kolam secara perlahan selama 24 jam atau 48 jam.

selain cara ini, kamu juga bisa memberikan garam dengan cara memasukan garam beserta karungnya sekaligus. karena garam ikan sangat tajam dan bisa melukai sisik ikan. memasukan garam secara langsung dengan karungnya juga bisa bermanfaat  untuk menghindari koi terkejut dengan naiknya salinitas secara cepat. karena garam koi akan mencair perlahan dari dalam karung dan ikan bisa beradaptasi dengan baik.

Selain itu garam juga bisa kamu berikan ketika menguras kolam, namun sebenarnya sangat tidak disarankan untuk menguras kolam koi.

Garam apasaja yang bisa diberikan untuk koi

biasanya para penghobi menggunakan garam ikan, garam ikan sendiri merupakan  garam krosok atau garam kasar yang biasanya didapatkan dari petani garam tanpa pengolahan lebih lanjut.

menggunakan garam dapur untuk ikan koi atau ikan lainnya sangat tidak direkomendasikan. karena garam dapur mengandung zat lain yang berbahaya atau tidak dibutuhkan oleh ikan.

selain itu garam dapur juga memiliki harga yang lebih mahal daripada garam ikan.


√ nah itulah sedikit ulasan tentang garam ikan, baik dari segi manfaat garam untuk ikan koi, cara penggunaan hingga dosis yang benar dalam pemberian garam untuk ikan koi. semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bacaan yang membantu para hobi koi  semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *