cara membasmi alga
Aquascape

Cara Membasmi Alga di Aquascape

Cara membasmi alga dalam akuarium / aquascape menjadi artikel wajib yang harus kamu ketahui. Namun sebelum itu mari kita mulai dengan mengenal alga atau ganggang itu sendiri.

Ada dua jenis alga yang sering muncul dalam aquarium, pertama adalah alga yang baik dan kedua alga yang memberi dampak buruk bagi aquascape. Nah alga jenis kedua ini yang harus kita basmi dalam aquarium atau kita kontrol persebarannya.

Alga atau ganggang lumut yang baik adalah yang tumbuh secara alami dan terkontrol. sehingga tidak mengganggu biota lain dan visualisasi dari tank aquarium atau kolam itu sendiri.

Sedangkan alga yang buruk adalah alga yang mencemari akuarium dengan ledakan populasi sehingga membuat air menjadi keruh, hijau atau sesak dengan alga lumut tersebut.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menjaga agar alga yang tidak diinginkan terjaga populasinya atau bahkan dimusnahkan.

Teruslah baca artikel ini untuk mengetahui alga yang baik dan buruk untuk akuarium, serta bagaimana cara membasmi dan mengendalikan populasi alga dalam aquascape.

Membasmi alga di akuarium

alga dalam aquarium
alga ilustrasi

sebelum membicarakan tentang Cara membasmi Alga adabaiknya kalian mengetahui apa itu alga dan cara alga berkembangbiak.

alga adalah sejenis tanaman air yang tidak memiliki organ dengan fungsi yang nyata. bahkan alga atau ganggang dianggap tidak memiliki organ samasekali berbeda dengani tumbuhan pada umumnya.

nah lalu bagaimana Cara membasmi Alga jika mereka tumbuh dalam akuarium. berikut ini adalah cara membasmi alga yang bisa kamu lakukan di aquarium.

Jenis-Jenis Alga yang sering Muncul di akuarium/ aquascape

ada banyak jenis alga yang bisa muncul di akuarium, salahsatunya yang paling sering ditemui adalah sebagai berikut ini:

1. Alga Coklat | Brown Algae

brown alga aquascape
brown algae

alga coklat atau dalam bahasa inggris brown algae juga sering disebut sebagai lumut coklat di insonesia. Lumut ini berwarna coklat kusam dan sering muncul dalam aquascape atau akuarium.

Umumnya lumut alga coklat ini muncul dan menyerang tanaman aquascape, kayu, batu bahkan kaca akuarium yang bisa menyebabkan terganggunya pemandangan di aquascape.

2. Green Hair Algae (lumut rambut hijau)

lumut rambut hijau cara membersihkan alga
green hair algae

Green hair alga atau sering juga disebut lumut rambut hijau adalah jenis alga yang paling sering muncul di aquascape. Alga ini biasanya muncul karena penyinaran yang berlebihan dan suhu yang relatif hangat.

Green hair algae dapat dibasmi dengan mudah dengan cara diambil secara manual atau dengan teknik lain yang akan saya paparkan dibawah. Namun sayangnya alga ini relatif cepat untuk tumbuh kembali jika kamu belum menemukan kunci masalahnya.

3. Black Brush Alga | alga kuas hitam

cara membasmi alga di aquascape
brush algae

Alga ini juga disebiut sebagai black bread alga. karena warnanya yang cenderung hitam, merah atau bahkan abu-abu. Disebut sebagai alga kuas karena bentuk tumbuhnya yang seperti brush atau kuas.

alga ini cukup cantik jika tumbuh pada tempat yang tepat namun kehadirannya yang sering menempel pada sembarang tempat membuat alga ini menghalangi tanaman lain untuk tumbuh.

black red alga tumbuh dengan sangat lambat namun juga bisa sangat mengganggu.

4. Blue green algae | lumut Karpen biru kehijauan

alga lumut sawah di aquascape
alga lumut sawah di aquascape

Alga hijau Biru bukan merupakan alga dalam makna sebenarnya, mereka lebih kepada species bakteri Cyanobacteria. Bakteri ini muncul dari hasil fotosintesis dan umumnya muncul secara alami pada air hangat yang tenang seperti di danau atau di sawah.

Alga ini juga mengelurkan bau yang tidak enak.

5. Green Spot Algae | alga bintik hijau aquascape

green spot algae
green spot algae

green spot algae disingkat GSA merupakan jenis alga yang membuat aquascape kamu dipenuhi dengan bintik hijau pada tanaman, atau bahkan di kaca aquarium.

Gsa sangat sulit dibersihkan jika sudah menempel dikaca, bahkan GSA yang mengering akan mengerak di kaca dan sulit dibersihkan.

6. Stage Horn Algae | alga Tanduk Rusa

alga tanduk rusa
alga tanduk rusa

alga tanduk rusa atau dalam bahasa inggris disebut stage horn algae merupakan species alga yang tumbuh di aquascape. kadang warnanya coklat, hijau bahkan putih.

alga ini tumbuh karena ketidak seimbangan nutrisi dalam aquascape, beberapa diantaranya disebabkan juga karena kurangnya kadar co2 dalam air.

7. Green Water | air Hijau

green water aquascape dan cara mengatasinya
green water aquascape dan cara mengatasinya

air hijau dalam akuarium menjadi masalah besar bagi penghobi aquascape. Karena air hijau akan membuat ikan kesulitan mencari makan dan tentu saja menutupi pemandangan.

bagi penghobi aquascape air hijau juga berarti mengancam tanaman lain di aquarium karena sinar matahari akan terhalangi dan co2 semakin berkurang di serap oleh alga.

namun bagi para pembudidaya kultur dapnia air hijau mungkin menjadi salahsatu hartakarun tersendiri untuk makanan kutu air yang dijadikan sebagai pakan burayak. Baca lebihbanyak tentang pakan burayak disini.

Penyebab Munculnya Alga di Aquarium/ Aquascape

alga aquascape lumut
ilustrasi alga aquascape

munculnya alga bukan tanpa sebab, karena alga juga mahluk hidup sama seperti tanaman bahkan beberapa diantaranya adalah jenis bakteri. Artinya mereka membutuhkan makanan.

bebera[a sebab tumbuhnya alaga di aquascape adalah sebagai berikut:

Intensitas cahaya

Alga adalah mahluk hidup seperti tanaman, tanpa cahaya alga atau lumut tidak akan bertahan hidup.

mayoritas alga muncul karena over lighting atau pencahayaan yang berlebihan. namun selain sebab itu banyak faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya alga yang disebabkan oleh pencahayaan. misal karena jenis lampu, jarak lampu dan suhu air.

untuk mengetahui pengaturan cahaya yang tepat sehingga tidak menimbulkan alga akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

Suhu Air

mayoritas alga tumbuh di air yang hangat selain karena pencahayaan yang cukup. alga tidak tumbuh pada airyang dingin. Olehkarena itu penting untuk kamu yang memiliki aquascape didaerah yang panas agar menyediakan pendingin seperti kipas atau cooler jenis lain.

namun ketika menurunkan suhu air, perhatikan juga jenis ikan apa yang kamu pelihara, karena beberapa jenis ikan juga bahkan tidak mampu bertahan terhadap dingin.

Nutrisi terlarut dalam air

alga adalah tanaman yang memakan nutrisi dalam air, jika aquarium kamu memiliki banyak nutrisi yang berlebihan, maka potensi tumbuhnya alga akan semakin meningkat..

nutrisi ini bisa muncul darimana saja, kotoran ikan, jumlah makanan yang berlebih atau bahkan dari faktor lain seperti pupuk buatan untuk tanaman aquascape yang diberikan dengan takaran yang salah.

Kadar pH dalam air

tinggi rendahnya pH dalam air akan mempengaruhi tumbuhnya alga dalam akuarium kamu.

alkali yang terlalu rendah atau terlalu tinggi akan membuat ikan merasa tidak nyaman, disaat yang sama kondisi tersebut juga bisa membuat alga tumbuh dengan subur karena lingkungan tumbuhnya yang cocok untuk alga.

Cara Mencegah Pertumbuhan alga dalam aquarium

cara menghilangkan alga dalam aquarium

jika kamu tidak terlau suka membasmi alga dan berfikir jika alga juga memberi pemandangan menarik atau bisa bermanfaat sebagai makanan ikan. kamu bisa mengendalikan pertumbuhannya agar alga tidak blooming dan masih terkontrol.

Beberapa cara dibawah ini bisa membantu mencegah pertumbuhan alga yang tidak diinginkan.

Memelihara Ikan Pemakan Alga

tentu saja alga yang tumbuh tidak terkendali akan membuat aquarium kesayangan anda tidak nyaman untuk dilihat.

untungnya beberapa jenis ikan hias sangat berbakat untuk memakan alga, ada banyak jenis yang bisa kamu coba untuk membasmi alga, salahsatunya adalah ikan sapu-sapu.

jika kamu tertarik memelihara ikan sapu-sapu hias, berikut ini artikel tentang jenis-jenis ikan sapu-sapu hias yang mungkin bisa menarik untuk anda baca.

ikan sapu memiliki kemampuan unik untuk menempel dikaca dan di manapun yangmereka inginkan, hal ini akan membuat sapu-sapu membasmi alga sampai ke sela aquarium.

selain itu, ikan sapu hias sangat cocok untuk kamu pelihara dalam aquascape, ukurannya yang kecil hingga besar membuatnya bisa di pelihara di beragam ukuran aquarium..

selain membasmi alga ikan sapu-sapu hias yang cocok dengan selera akan membuat tampilan aquarium lebih menyenangkan.

selain ikan sapu-sapu beberapa jenis ikan pemakan alga antaralain adalah ikan sumatra, ikan botia, dan beberapa jenis keong-keongan.

Mengontrol pencahayaan Akuarium

alga atau ganggang dan lumut yang tidak di kehendaki dalam aquascape membutuhkan cahaya untuk tumbuh, namun beberapa alga membutuhkan cahaya lebih banyak daripada tanaman jenis lainnya.

nah dengan mengatur pencahayaan dengan tepat kamu bisa membuat pertumbuhan alga menjadi lebih terkontrol dan Cara membasmi Alga menjadi lebih mudah.

kamu bisa mengefcek kembali jumlah wat lampu yang kamu gunakan dan lama penyinaran aquascape yang kamu miliki.

gunakanlah skema siang dan malam untuk tanaman kamu lebih sehat. jika kamu malas mengatur mematikan dan menyalakan lampu, kamu juga bisa menggunakan timer otomatis yang banyak dijual di marketplace.

Meningkatkan oksigen dalam aquarium

Jika kamu fokus memelihara ikan dan bukan tanaman dalam aquarium atau bukan aquascape. kamu tidak perlu pusing untuk mengendalikan populasi alga. Kamu hanyaa peingkatkan kadar oksigen atau O2 dalam aquarium. Oksigen akan membuat alga dan beberapa jenis tanaman tidak nyaman sedangkan ikan akan hidup lebih bahagia dan nyaman.

Pemberian makan terhadap ikan

Sebelumnya saya telah menyinggung hal apa saja yang menyebabkan alga tumbuh dengan baik di aquarium. Salahsatunya adalah karena pemberian pakan yang berlebihan.

semua penghobi ikan pastinya sepakat jika waktu paling menyenangkan ketika memelihara ikan adalah saat melihat ikan yang kita pelihara makan.

Namun pemberian pakan berlebihan faktanya membuat lebih banyak masalah daripada mengurangi pemberian pakan.

Jika kamu memberikan ikan pakan secara berlebihan, selain tidak sehat dan produksi kotoran yang meningkat. Sisa makanan yang tidak dimakan akan mencemari air dan memicu tumbuhnya alga atau bahkan masalah lain.

Memastikan filter air bekerja dengan baik

filter pada awuarium tidak hanya berfungsi untuk menyaring kotoran. beberapa jenis filter juga bisa mencegah tumbuhnya alga dalam aquarium.

Biasanya filter yang baik adalah yang memiliki tiga tahap penyaringan. Filter jenis ini banyak digunakan karena fungsinya yang cukup baik. namun kamu juga harus tetap menjaga filter tetap dalamkonsisi maksimal dengan membersihaknnya secara rutin.

CARA MEMBASMI ALGA DI AQUASCAPE

membersihkan alga aquascape dengan ikan

Cara membasmi Alga atau menghilangkan alga di akuarium ini sulit-sulit gampang. jika kamu kecolongan dan alga berhasil tumbuh selain membasmi alga agar tidak tumbuh lebih banyak kamu juga harus membersihkan akuarium tersebut.

pasalnya alga yang tidak dijaga populasinya bisa berdampak buruk untuk akuarium. Kaca akuarium menjadi kotor dan terhalang dengan adanya alga.

Akuarium yang sudah terlanjur berkerak karena alga bisa kamu bersihkan dengan cara sebagai berikut:

Menggosok Kaca Akuarium

menggosok kaca akuarium secara manual mungkin menjadi metode membersihkan alga yang paling memakan waktu dan merepotkan.

pasalnya kaca akuarium anda harus di bersihkan perlahan dan secara keseluruhan agar kerak lumut benar-benar hilang.  jika akuarium anda kecil, mungkin ini bukan masalahj besar, namun berbeda ceritanya jika aquarium yang kamu miliki berukuran besar.

beberapa perlengkapan yang mungkin kamu butuhkan  untuk membersihkan akuarium dari kerak alga.

  1. alga scraper
  2. pisau kaca atau silet
  3. pemutih
  4. spons
  5. shipon
  6. cairan pembersih akuarium
  7. media filter dan filternya
  8. kertas tisue

bersihkanlah akuarium dari bagian dalamnya, kuras atau kurangi debit air dalam aquarium dengan menggunakan shipon atau selang lalu bersihkan kerak dengan silet.

setelah bagian luar dipastikan bersih, beralihlah pada bagian dalam aquarium hingga ke setiap sela dan membersihkan semua komponen aquarium.

Scraper Alga

scraper alga dalam bahasa yang lebih mudah dipahami dapat berarti pengeruk alga atau pencakar alga. bentuknya seperti alat pembersih kaca atau alat pel yang terbuat dari karet.

nah scraper alga bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca dari alga yang menempel.

selain scraper manual ada juga beberapa jenis scraper magnetik yang bisa memudahkan kamu ketika membersihkan aquarium.

PIsau cukur

ketika kamu menemukan alga yang menempel dalam akuarium dengan sangat kuat bahkan tidak mau lepas setelah dibersihkan dengan scraper. Kamu bisa menggunakan pisau cukur atau dengan menggunakan silet yang tajam.

namun ketika menggunakan silet pastikan untuk tetap mengutamakan keamanan saat membersihkan aquarium.

Sterilisasi aquarium dengan sinar ultraviolet

Sterlisisasi Uv merupakan pilihan yang bagus jika kamu menginginkan akuarium yang bebas alga, selain akuarium air tawar sterilisasi uv juga sering digunakan dalam aquarium air laut.

Bca juga: jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara.


itulah sedikit ulasan tentang alga dan bagaimana cara mengatasinya. Alga sendiri menjadi masalah utama bagi para pecinta akuascape dan akuarium. pertumbuhannya yang cukup cepat akan sangat mengganggu dan membuat scaper pemula kwalahan.

Namun jangan pesimis karena apapun masalahnya jika kamu membaca di www.ikanair.com masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

referensi: https://www.fishtankworld.com/how-to-get-rid-of-algae/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *