kayu untuk aquascape
Aquascape

12 Jenis Kayu Aquascape Terbaik

Kayu untuk aquascape tidak boleh sembarangan. Ada kriteria tertentu yang harus terpenuhi oleh kayu tersebut misalnya, Tidak merubah Ph dan tidak mengeluarkan tanin.

Jika kamu ingin mengetahui kayu apasaja yang paling cocok untuk aquascape, berapa harganya dan cara menenggelamkan kayu aquascape. kamu berda di artikel yang tepat.

Gunakan daftar isi artikel untuk mempermudah mencari artikel yang kamu inginkan. Misalnya kamu sudah mengetahui apa saja kayu yang bagus untuk aquascape, maka kamu bisa meloncat ke bagian cara menenggelamkan kayu. Namun jika kamu ingin mempelajari semuanya. bacalah artikel ini secara runtut dari awal hingga selesai.

pada kasusunya banyak orang yang tidak memahami kayu yang baik untuk dijadikan panorama penghias aquascape. padahal elemen ini sangat penting dalam dunia aquascape.

Nah berikut ini penjelasan tentang kayu yang bisa kamu gunakan dalam hobi akuascape khususnya untuk pemula. (silahkan pilih daftar isi dibawah ini).

Kayu aquascape

Kayu aquascape
konsep hardscape dalam aquascape

Kayu aquascape merupakan element yang banyak digunakan dalam model Hardscape baik itu dalam bentuk model akar, Bonsai maupun ranting yang jatuh ke air. Banyak sekali model aquascape yang bisa dikreasika dengan kayu, Namun selain menggunakan kayu Hardscape juga bisa menggunakan batu maupun benda lainnya.

Tapi, Apasih yang dimaksud Hardsacape? Hardscape adalah benda mati padat yang biasanya berbentuk unik untuk menghiasi aquascape. Benda yang paling sering digunakan adalah kayu dan batu. Namun tidak semua kayu dan batu bisa dijadikan sebagai hardscape.

Dalam artikel ini kamu akan mempelajari jenis kayu apa saja yang boleh dan tidak boleh dijadikan sebagai hardscape. beberapa kayu yang cukup populer dijadikan hardscape adalah kayu rasmala, kayu santigi dan masih banyak lagi.

Fungsi kayu dalam aquascape sendiri tidak hanya untuk estetika atau keindahan. namun kayu juga bisa memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. tempat bersembunyi ikan kecil
  2. tempat tumbuh tanaman air aquascape
  3. menambah keindahan akuarium
  4. sebagai media tempat bertelur beberapa jenis ikan/keong
  5. masih banyak lagi.

Nah setelah mengetahui fungsiu kayu aquascape dan pentingnya kayu pemilihan kayu yang tepat. ada beberapa reomendasi dari Ikanair.com tterkait beberapa jenis kayu yang bagus untuk dijadikan aquascape.

Baca juga : Cara membuat air Terjun Aquascape

Jenis Kayu yang Bagus Untuk Aquascape

akar kayu aquascape
Akuascape tema akar pohon yang menawan

Tidak sembarangan kayu yang bisa dimasukan dalam aquascape. Kayu ini harus memiliki kriteria yang harus dipenuhi misalnya saja. Kayu tidak mengandung tanin atau sudah dihilangkan. Jika kayu masih mengandung tanin maka zat tersebut akan terlepas dalam akuarium dan membuat air menjadi kuning. Selain itu kayu yang digunakan untuk aquascape haruslah kayu yang cocok dengan ikan yang kamu pelihara..

Kayu aquascape juga disebut sebagai driftwood atau aquascape wood. dalam penggunaannya elemen driftwood tidak hanya mengutamakan keindahan akuarium. Tapi juga tentang ekosistem dan fungsi kayu itu sendiri.

Ada beberapa jenis kayu yang aman dan sering dijadikan kayu aquascape. diantaranya adalah jenis-jenis kayu sebagai berikut:

1. Kyu bakau atu mangrove

akar bakau aquascape
akar bakau aquascape yang masih hidup di pantai

Kayu bakau merupakan kayu yang sangat familiar dijadikan sebagai hiasan akuarium. Bukan hanya karena tanaman bakau yang memang sudah akrab dengan air, Kayu bakau ini juga memiliki bentuk yang unik dan cocok dijadikan sebagai komponen aquascape.

Kayu bakau memiliki karakter tidak memiliki banyak cabang dengan ujung cabang yang meruncing. Biasanya untuk dijadikan sebagai kayu aquascape, para penghobi menggunakan kayu yang sudah tua atau sudah jatuh dari pohonnya dan terendam dalam air dalam waktu yang lama.

Jika kamu menggunakan kayu yang belum lama ditebang apalagi yang masih cukup muda, Kayu bakau akan mengeluarkan banyak tanin. air akan menjadi kekuningan dan tidak enak untuk dipandang. Untuk menghilangkan tanin tersebut bisa dengan cara merendam kayu kedalam air atau merebus kayu tersebut.

Harga kayu bakau sangat berfariatif, Mulai dari belasan sampai ratusan ribu tergantung dengan ukuran dan kualitas kay bakau aquascape itu sendiri.

2. Kayu Rasmala Aquascape

kayu rasmala aquascape
hardscape kayu rasmala

Kayu rasmala sepertinya lebih populer dibandingkan dengan kayu bakau atau jenis kayu lain untuk aquascape.

Kayu ini memiliki warna kemerahan dengan bentuk lekukan yang menawan sehingga sangat cantik jika dijadikan sebagai kayu aquascape. memiliki banyak lekukan, minim cabang dan ramping membuat kayu rasmala ini banyak diburu para scapeer indonesia.

Keunikan kayu rasmala yang lain adalah minim kandungan tanin. Kayu yang sudah kering meskipun memiliki warna kemerahan tidak akan merubah kandungan dan warna pada air, kereen kan!

Kayu rasmala sendiri berasal dari tanaman rasmala yang merupakan salahsatu pohon hutan yang memiliki banyak manfaat serta dijadikan sebagai bahan pengharum ruangan.

Kayu yang biasa dijadikan perabotan karena cukup kuat dan tahan lama ini, juga kuat dengan pelapukan meskipun direndam dalam air. Kayu rasmala umumnya tumbuh di pegunungan dan perbukitan yang cukup lembab.

Harga kayu rasmala cukup berfariatif, Mulai dari Rp; 10.000 – Rp; 100.000 tergantung dari ukuran dan bentuknya.

3. Akar Kayu senggani

akar kayu senggani aquascape
akar kayu senggani aquascape

Kayu senggani merupakan jenis akar dari pohon senggani. Sebuah pohon perdu yang memiliki tinggi kurang dari 3 meter. Pohon senggani ini umumnya tumbuh didaerah perbukitan atau pegunungan yang sejuk namun hanya tumbuh dibawah 1500MDPL.

kayu senggani umumnya berukuran kecil, dibandingkan dengan jenis kayu lain. akar senggani biasanya memiliki percabangan yang banyak dan berukuran ramping.

Akar kayu senggani umumnya dijadikan sebagai bonsai atau akar buatan dalam aquascape.

Harga kayu senggani cukup relatif murah karena kayu ini sejatinya adalah akar dari tanaman senggani yang banyak tumbuh atau bahkan sering dianggap sebagai rumput.

akar senggani ini dihargai mulai dari Rp. 5000 sampai dengan puluhan ribu rupiah.

4. Kayu santigi Aquascape

kayu santigi aquascape
kayu santigi kering di pantai

Santigi merupakan jenis tanaman pesisir yang memiliki karakter batang dan ranting pohon yang unik. Biasanya pohon santigi sering dijadikan sebagai bonsai. Namun kayunya yang mati atau tumbang bisa juga dijadikan sebagai bahan aquascape..

Kayu santigi memiliki karakter lekukan yang unik, Tidak jarang kayu ini juga memiliki kropos estetik yang menambah keindahan kayu itu sendiri.

Ada dua jenis santigi yang dikenal oleh masyarakat, yaitu santigi gunung dan santigi laut. Biasanya kayu santigi yang sering dijadikan sebagai bahan aquascape adalah santigi laut.

Harga kayu santigi untuk aquascape cukup mahal dibandingkan akar senggani atau beberapa jenis yang saya sebut diatas. Ini disebabkan karena jumlah pohon santigi yang semakin langka.

Dibuka lapak, dan marketplace lain, Kayu santigi dijual dengan harga mulai dari Rp.60.000 sampai dengan ratusan ribu rupiah tergantung ukuran.

Baca juga : Jenis ikan sapu-sapu Aquascape terindah

5. Kayu Kopi Aquascape

akar kopi aquascape

Kayu kopi banyak memiliki manfaat, selain karena biji kopi yang enak untuk dijadikan minuman. Pohon kopi yang sudah tidak produktif juga bisa dimanfaatkan kayunya unuk aquascape.

Biasanya kayu pohon kopi dijadikan beragam perabotan, Rantingnya yang pendek dan menjuntai kesamping umumnya dicari untuk tenggeran burung yang tidak di kurung dalam sangkar.

Sedangkan untuk aquascape kayu kopi yang digunakan adalah bagian akarnya. Akar kopi memiliki bentuk yang unik dan estetik, sehingga cukup cocok digunakan sebagai kayu hardscape.

sebelum memasukan kayu kopi untuk aquascape, sebelumnya kamu harus mengerok kulit kayu kopi terlebih dahulu. Lalu menjemur dibawah sinar matahari langsung sampai beberapa hari dan merebusnya agar kambium dan taninnya hilang. Lalu rendamlah kayu dalam air selam akuranglebih 2 sampai 4 minggu sebelum benar-benar bagus untuk digunakan.

6. Kayu Mopani

kayu mopani untuk aquascape
proses mopani aquascape

Kayu mopani atau mopani wood merupakan jenis kayu yang berbentuk unik. Bagi saya bentuk lekukannya mirip kayu santigi yang telah berumur tua.

Kayu mopani merupakan kayu aquascape yang cukup mahal. kamu bisa membelinya secara online atau di supermarket ACE.

harganya yang mahal tentu saja sebanding dengan kualitas dan keindahannya. mahalnya kayu mopani karena kayu ini didatangkan langsung dari afrika.

kayu mopani yang dijual untuk aquascape biasanya sudah siap digunakan untuk menjadi penghias akuarium kalian.

7. Kayu Jambu Untuk aquascape

kayu jambu mirip kayu rasmala
kayu jambu untuk aquascape

Kayu jambu yang digunakan adalah kayu jambu air atau akarnya. Kayu ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup baik, sifatnya juga sangat liat sehingga kayu jambu sangat terkenal tidak mudah patah.

Lebih dari itu, kayu jambu memiliki lekukan yang cukup unik sehingga sangat cocok untuk dijadikan kayu aquascape.

Namun jika ingin memasukan kayu jambu dalam aquarium sebaiknya kuliti kayu tersebuthingga menyisakan bagian dalamnya saja. lalu jemur dibawah sinar matahari langsung sampai kering dan direbus. setelah itu rendamlah dalam air sampai dengan 3 minggu.

harga kayu jambu sangat murah untuk aquascape. bahkan kamu bisa mencarinya sendiri jika kamu memiliki tanaman jambu.

8. Kayu rambutan untuk aquascape

kayu rambutan untuk aquascape
poto hanya ilustrasi

Kayu Rambutan bisa digunakan juga untuk aquascape loh, tentu saja kamu harus memilih kayu yang memilii karakter unik dan menarik.

Kayu rambutan yang kamu gunakan harus melewati beberapa tahapan sebelum siap digunakan untuk aquascape.

salahatunya dengan cara membersihkan kulit kayu rambutan, lalu menjemurnya di bawah matahari sampai kering dan merebusnya. Setelah itu, rendamlah kayu rambutan untuk menghilangkan tanin dan membuatnya tenggelam sempurna.

9. Kayu Asem

kayu asem aquascape
kayu asem yang sudah tua

Bukan hanya digunakan sebagai Tenggeran burung, Kayu dari pohon asem, baik itu akar maupun rantingnya bisa digunakan untuk aquascape.

kayu asem terkenal memiliki percabangan yang melekuk-lekuk dan kokoh sehingga kayu ini tidak akan lapuk meskipun direndam dalam air.

Kayu asem yang kamu gunakan haruslah berusia cukup tua. biasanya bagian akar akan lebih eksotis untuk digunakan.

10. Hornwood

hornwood aquascape
hornwood aquascape ilustrasi

Kayu horn adalah legenda dalam aquascape. Kayu yang digunakan oleh pencetus hobi aquascape (takashi amano) ini banyak digunakan oleh para penghobi aquascape karena memiliki karakter yang sangat bagus untuk kayu akuarium.

Takashi amano menggunakan kayu ini untuk mempopulerkan aquascape ke seluruh dunia.

Kayu ini sangat kuat dan memiliki banyak cabang sehingga akan membuat kayu ini terlihat eksotis dalam akuarium.

hornwood dijual dengan harga yang berfariasi. ini dipengaruhi dari besar-kecilnya kayu tersebut.

11. Kayu Branch

brachwood aquascape
brachwood paludarium ilustraasi

Brachwood merupakan kenis kayu aquascape yang banyak diburu karena bentuknya yang memiliki banyak ranting.

Pada setiap ranting atau cabang kayu brach ini bisa kamu manfaatkan sebagai tempat tumbuhnya moss. Sayangnya kayu ini seringkali belum bisa tenggelam pada saat pertama membelinya.

untuk membuat kayu brach tenggelam kamu bisa mengganjal dengan pemberat atau bisa juga dengan merebus dan merendam kayu tersebut.

12. Kayu jati

akar kayu jati aquascape
akar kayu jati aquascape

Kayu jadi sangat sulit tenggelam, olehkarena itu saya menulisnya dibagian akhir. karna meskipun banyak penghobi aquascape menggunakan kayu jati. namun saya sendiri tidak merekomendasikan kayu ini. selain karena bentuknya kurang menarik kayu jati juga sulit tenggelam.

jika kamu memiliki kayu jati lebih baik digunakan untuk membuat perabotan saja hehe.

nah itulah beberapa jenis kayu aquascape yang bisa kamu pilih. beberapa diantaranya memiliki karakter dan keunikan tersebndiri semuanya tergantung pada selera dan kantong anda.

Baca juga : Jenis udang Aquascape dan perawatannya

Berapa lama kayu Aquascape bisa tenggelam

pertanyaan yang sering diajukan oleh para hobies aquascape adalah salahsatunya berapa lama kayu bisa tenggelam dalam air.

Jawabannya selalu tidak pasti. ada yang mengatakan satu hari, minggu, bulan atau bahkan hanya dalam satu jam.

membuat kayu bisa tenggelam secara alami dengan merendam kayu tersebut di air membutuhkan waktu yang cukup lama, namun kamu bisa membuatnya segera tenggelam dengan menggunakan trik sebagai berikut.

Cara membuat kayu aquascape tenggelam

cara membuat kayu aquascape tenggelam
contoh hardscape kayu ditindih batu

beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kayu aquascape tenggelam adalah sebagaiberikut:

  1. merebus kayu aquascape selama 1 jam
  2. mengikat kayu dengan pemberat
  3. melem kayu dengan batu
  4. merendam secara alami.

cara ke empat adalah cara yang cukup lama bahkan bisa memakan banyak waktu. jadi saya merekomendasikan kamu menggunakan cara 1 sampai 3 saja.

selain membuat kayu tenggelam, sebelum memasukannya kedalam aquascape kamu juga harus membuat zat tanin dalam kayu berkurang dan menghilang.

Itulah pembahasan singkat mengenai kayu aquascape. sejatinya kamu bisamenggunakan banyak jenis kayu untuk aquascape. baik itu yang disebutkan diatas atau kayu lain yang kalian miliki.

namun sayarat kayu untuk aquascape tersebut harus memenuhui kriteria keindahan, kebergunaan dan ketahannya jika dimasukan kedalam air.

artinya kamu tidak bisa memasukan kayu balok dalam aquascape atau jenis kayu yang mudah lapuk dalam air karena justru akan mencemari aquascape.


√ Bagaimana? sudah memilih jenis kayu yang tepat untuk aquascape kalian?. jika kalian memilih kayu jenis lain selain daftar diatas untuk aquascape kamu juga bisa berbagi pengetahuan kamu dengan scaper lain dengan menulisnya di komentar yah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *